Selasa, 06 Desember 2011

BULAN MUHARROM

Subhanallah....Allahu Akbar...

Inilah keajaiban Bulan Muharram penuh berkah hingga orang yang berbuat baik dibulan ini takkan pernah lepas dari perhatian Allah SWT karena Allah sendiri telah berbuat baik kepada makhluk seperti diterimanya taubat Nabi Adam AS, diselamatkan Nabi Ibrahim AS dari Api, Diangkatnya Nabi Idris AS kelangit 3, mendaratnya bahtera Nabi Nuh AS dengan selamat, dikeluarkanya Nabi Yusuf AS dari penjara, Diselamatkannya Nabi Musa AS dari kejaran Fir'aun dengan membelah laut dan menenggelamkan Fir'aun.

PUASA ASYURA (10 MUHARRAM)

Sesungguhnya bulan muharram bulan agung yang penuh berkah, bulan muharram adalah awal bulan tahun hijriyah dan termasuk bulan - bulan haram. Dimana Allah SWT berfirman yang artinya: "Sesungghunya bulan disisi Allah ada 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu" (QS. At taubah :36)

Adapun maksud dari firman Allah SWT : janganlah kamu menganiaya diri kamu yakni, pada bulan - bulan haram karena kesalahan atau dosa yang dikerjakan waktu itu lebih besar dibandingkan dengan kesalahan atau dosa yang dikerjakan pada bulan - bulan selainnya. Berkata Qutadah ra : "Sesungguhnya kedzoliman yang dikerjakan pada bulan - bulan haram lebih besar dosanya dibandingkan jika dikerjakan di luar bulan - bulan haram, walaupun sebenarnya kedzoliman di dalan segala hal dan keadaan merupakan dosa besar, akan tetapi Allah SWT senantiasa mengagungkan dan memuliakan beberapa perkara/ urusan menurut kehendak-Nya". (tafsir Ibnu katsir surat At Taubah:36).

Tidak ada komentar: